10 Tahun Tsumani

Bencana terbesar pada 26 Desember 2004 yang terjadi di Daerah Istimewa Aceh memakan banyak korban Jiwa dan bangunan, dan tepat hari ini 26 Desember 2014 adalah dimana 10 Tahun sudah peristiwa menyedihkan itu, sebelumnya memang di Aceh banyak sekali masalah sosial dan konflik ,
hadir dengan nama Gerakan Aceh Merdeka yang mengusir penduduk luar yang tinggal disana dan menganiaya juga membakar harta bendanya. Banyak proses dan program yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk menyelesaikannya tetapi tidak ada hasil , dari perjanjian di jenewa dan dimana mana, karena isunya Aceh menginginkan merdeka.  tetapi sesaat bencana datang orang yang pertama sekali datang untuk menolong sebagai relawan adalah orang orang yang mereka ussir dan dengan  damai dan secara otomatis perdamaian terbentuk karena para tentara perang yang di hutan pada turun dan menyerahkan senjatanya dan damai.
jadi kalao mengenang bencana ini ada dua hal yang terniang ada perasaan bahagia karena telah kembalinya perdamaian di Aceh dan terasa sedih dikala melihat warga yang kehilangan sanak saudaranya juga melihat mayat seperti tidak berharga berserakan. Untuk saat ini dengan memperingatinya kita hanya bisa panjatkan doa agar para arwah yang telah menjadi korban diterima disisi Allah yang maha Esa. dan muah mudahan perdamaian yang tercipta saat ini tetap terpelihara dengan baik selamanya. Karena saat ini di Aceh seperti api dalam skam, didalam diam masih banyak senjata berkeliaran dan intimidasi terhadap masyarakat.

Karena aceh jika masyarakatnya mampu hidup bersama dan berkembang bersama juga pemimpin berani terbuka jangan bertopeng dengan gerakan yang seakan menjadi kekuatan  pasti lebih maju dari sekarang, karena masyarakatnya banyak memiliki potensi tetapi karena kekuasaan di pegang oleh satu kekuatan maka tidak ada yang berani bergerak.

tulisan ini hanyalah luapan hati saja, unsur kebenarannya diragukan tetapi dasar dari semua itu aku adalah salah satu korban konflik juga. tetapi jujur aku masih cinta Aceh.

0 comments:

Post a Comment

silahkan isikan komen anda